Wisuda sebagai gerbang menuju dunia nyata


Diposting pada 31 January 2018, pukul 9:36 am



Tepat tanggal 11 November 2017, Universitas Pasundan melaksanakan hajat besar yaitu Proses Pelepasan Wisuda Gelombang 1 Tahun Akademik 2017/2018 yang bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) Jl. Taman Sari No.73, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Didalam gedung SABUGA itulah dilaksanakan prosesi pelantikan wisuda yang dipimpin oleh Rektor Universitas Pasundan, Prof. Dr. Eddy Jusuf, SP. M.Si. M.Kom beserta jajarannya. Di luar gedung, para wisudawan ini telah disambut oleh berbagai jargon dari rekan-rekannya yang berasal dari berbagai jurusan. Mereka juga tak ingin ketinggalan untuk berfoto bersama dengan rekan dan sanak saudara untuk mengabadikan moment spesial ini, perjuangan mereka setelah kuliah bertahun-tahun terbayar sudah saat memakai toga wisuda.

Raut bahagia tampak jelas di wajah para wisudawan itu, begitupun dengan raut wajah keluarga yang bangga atas kelulusan anak, adik, kakak, saudara tercinta mereka. Tak terkecuali 45 orang wisudawan dari Prodi Teknik Informatika UNPAS Pada Wisuda Gelombang 1 Tahun Akademik 2017/2018 ini.

Saudara Jaenal Arifin, Teknik Informatika 2012 juga mengungkapkan rasa bahagianya kepada Tim Jurnalis TIF pada acara wisuda tersebut, “Alhamdulillah senang dicampur terharu, akhirnya bisa wisuda. Tapi masih ada yang ngeganjel karena wisudanya tidak berbarengan dengan pembagian ijazah”. –ujarnya.

Adapun harapan dari Ketua Prodi Teknik Informatika UNPAS, Dr. Ayi Purbasari, ST., MT. kepada para wisudawan tersebut yaitu tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kesundaan seperti yang termaktub dalam motto UNPAS, Pengkuh agamana, Luhung elmuna, Jembar budayana. Dan selalu menempatkan adab diatas ilmu. Karena setinggi apapun ilmu tetap harus menjujung tinggi adab agar tercermin sebagai insan yang berpendidikan.

“Wisuda kan saatnya meninggalkan kampus, bukan berarti akhir dari segalanya, justru awal dari kehidupan baru yang sesungguhnya yaitu terjun ke masyarakat, saatnya berkontribusi di dunia nyata sesuai dengan keilmuan masing-masing. Mudah-mudahan ketika terjun ke masyarakat semuanya memiliki kontribusi” tutur beliau.

Ribuan wisudawan yang telah dilantik sebagai Sarjana ini adalah harapan baru bagi generasi yang akan datang, dimana pergantian status dari ‘mahasiswa’ menjadi ‘sarjana’ bukan akhir dari segalanya, melainkan gerbang menuju kehidupan dunia nyata.

Lebih sempit lagi, mereka yang telah di sah-kan menjadi Sarjana ini sangat ditunggu kontribusinya oleh masyarakat atas ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan. Tiada kata selain ‘Bangga’ atas diraihnya gelar ‘Sarjana’. Harapan terucap kepada mereka semoga menjadi sarjana yang berguna bagi nusa dan bangsa bukan malah jadi beban negara. Selalu tempatkan adab diatas ilmu dan tetap menjunjung tinggi Motto UNPAS sebagai identitas lulusan yang berkarakter Pengkuh agamana, Luhung elmuna, Jembar budayana.

 

Sumber : if.unpas.ac.id




Kontak

Jika butuh bantuan atau ada yang ditanyakan anda dapat menghubungi kami dengan cara mengirim pesan melalui :

  • hmtif@unpas.ac.id
  • HMTIF Unpas
  • @HMTIFunpas
  • @hmtifunpas

Aspirasi